Dr. Popo Personal Medical Blog

I just Want to Share about daily medical informations. May be not all of my posts are original hand writing of me, but at least the information is usefull for you

Menjaga Kesehatan Kelamin Pria

Friday 3 July 2009

Alat kelamin pria merupakan salah satu bagian yang harus diperhatikan serta dijaga kesehatannya. Karena penis merupakan alat vital laki-laki untuk membantu kehamilan. Membersihkan penis setiap hari, terutama pada daerah lipatan kulit penis yang tidak disunat, dapat mencegah terjadinya infeksi. Anak laki-laki harus diberitahu cara menarik lipatan kulit penis, mencuci dan meringankannya serta mengembalikan posisi lipatan kulit tersebut diatas ujung penis setelah membersihkannya. Lipatan kulit tersebut mungkin dapat ditarik penuh kebelakang sampai usia pubertas. Jangan menarik lipatan kulit penis dengan paksa bila tindakan tersebut menimbulkan rasa sakit. Membiasakan diri untuk membersihkan alat kelamin dapat membantu menghindari Anda dari berbagai macam penyakit:

  • Selagi mandi, periksalah setiap buah zakar, karena pada saat itu kantung kemaluan dalam keadaan longgar atau rileks.
    Genggamlah buah zakar tersebut dan rabalah dengan menggunakan ibu jari serta jari-jari lainnya.
    Rasakan ada tidaknya benjolan, dipermukaan kantung kemaluan.
    Bila terasa ada benjolan, pembengkakan atau nyeri dibuah zakar atau kantung kemaluan yang tidak dapat diterangkan penyebabnya, konsultasikan segera kedokter. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan saat mandi dengan air hangat, karena suhu panas dapat merelaksasi skrotum, sehingga memudahkan anda menemukan kelainan.
    Bila terlihat ada cairan yang keluar dari lubang penis atau luka pada penis, segeralah konsulatasi kedokter.
  • Gejala awal ditandai dengan rasa nyeri pada skrotum atau perut bagian bawah, atau hanya terasa adanya perubahan pada testis. Gejala umum kanker testis adalah adanya sedikit pembesaran pada testis, atau adanya benjolan kecil yang tidak terasa sakit pada testis. Terapi kanker ini adalah dengan pengangkatan testis yang terkena dan mungkin memerlukan kemoterapi atau terapi radiasi . Memeriksa testis sendiri merupakan salah satu cara untuk mendeteksi perubahan yang mengarah pada kanker.
  • Tanda pertama kanker testis adalah terabahnya suatu benjolan pada skrotum yang semangkin membesar. Pemeriksaan lebih efektif bila dilakukan setiap bulan, dengan deteksi dini kemungkinan untuk sembuh akan semangkin besar.
  • Jangan terlalu sering memakai pakaian dalam yag terlalu ketat.
  • Berhati-hatilah terhadap sex bebas yang akan Anda lakukan, jika perlu, gunakanlah alat kontrasepsi.

Jika Anda merasa curiga dengan adanya kelainan pada penis Anda, konsultasikan segera dengan dokter secepat mungkin. Dengan dianogsa, pengobatan dan perubahan gaya hidup dapat meningkatkan kesehatan sedini mungkin dan merupakan cara terbaik mengontrol serta menyembuhkan penyakit ini. Informasi tentang tingkat kejadian dan pengobatannya, mungkin sangat diperlukan. Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya, agar dapat mengurangi resiko yang paling buruk.

Berikut cara memeriksakan alat kelamin sendiri :

  • Berdirilah didepan kaca. Amati apakah ada pembengkakan pada kulit sekitar skrotum.
  • Periksa kedua penis dengan tangan. Letakkan jari telunjuk dan jari tangan dibawah penis dan ibu jari diatas penis. Putar penis secara perlahan antara ibu jari dan jari lainnya . Tidak perlu cemas bila Anda mendapati salah satu penis agak lebih besar, itu adalah normal.
  • Coba temukan epidemis (saluran lunak yang berpilin dibelakang penis, berfungsi menyimpan dan menyalurkan sperma) Jika sudah menemukannya, Anda dapat membedakannya dengan benjolan. Benjolan kanker biasanya ditemukan disamping penis tetapi juga bisa dibagian depan.
  • Jika Anda menemukan benjolan, konsultasikan dengan dokter secepatnya. Tidak semua benjolan berarti kanker, tetapi jika memang kanker dapat menyebar jika tidak segera diobati. Hanya dokter yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

0 comments: